Tautan ke Situs Anda (Backlink) - Catatan

Sebelumnya mohon diperhatikan: Artikel Tautan ke Situs Anda (Backlink) bukan membahas masalah backlink, namun merupakan catatan kedua perubahan blog kumau.info sebagai arsip perkembangan blog akibat mengganti subdomain blogspot.

Tautan ke Situs Anda


Setelah membuat catatan pertama, yang saya tunggu selama ini telah muncul, yaitu Tautan ke Situs Anda (Backlink) di Google Webmaster Tools (GWT) pada hari ke 17 sejak kustom domain 3 Februari 2013. Sebenarnya banyak tools online untuk mengecek backlink, namun saya lebih percaya GWT karena saya masih berharap ke mesin pencari Google.

Awalnya saya menganggap perlu mencari backlink lagi atau setidaknya mengulang tautan (backlink) yang telah dibangun di subdomain blogspot. Karena ini adalah untuk domain baru yang digunakan untuk custom domain blogspot, maka saya mencoba membangun backlink lagi dengan menggunakan data link homepage www.kumau.info.

Hanya saja hasil pembangunan link situs ini belum muncul di GWT. Pada hari ke 9 semenjak blog ini didaftarkan di Google Webmaster Tools, baru muncul 1 Tautan ke Situs Anda (Backlink) dari blogspot dengan jumlah link 355. Sepertinya, backlink yang saya bangun belum membuahkan hasil.

Ternyata malam ini (hari ke 17) ketika saya membuka GWT dan langsung menuju ke pilihan Lalulintas > Tautan ke Situs Anda, yang saya harapkan datang juga. Total tautan 19.976 bukan angka 355 lagi seperti sore tadi. Segera saya update artikel catatan kedua perubahan Tautan ke Situs Anda (Backlink) blog kumau. Info (takut lupa).

Tautan ke Situs Anda (Backlink)


Ternyata (lagi) anggapan untuk membangun backlink ulang untuk domain baru sebagai pengganti subdomain blogspot, TIDAK PERLU! Karena blogspot juga akan mengubah semua Tautan ke Situs Anda (Backlink) yang lama ke domain yang baru melalui tautan perantara subdomain blogspot. (lihat gambar di bawah ini)

hasil tautan

Memang total tautan sedikit. Sebelumnya, saya jarang membangun backlink lagi untuk blog lenterakecilku.blogspot. Mungkin karena ini, PR 2 turun jadi PR 1. Dan semua tautan merupakan hasil dari pembangunan link subdomain blogspot (domain lama)

Sepertinya, Tautan ke Situs Anda (Backlink) versi Alexa.com juga berlaku sama. Hanya saja jumlahnya masih sedikit hanya 7 link (saat artikel ini dibuat) dan saya tidak/belum membangun backlink dari 7 situs tersebut. Kemungkinan dari backlink dengan menggunakan url yang lama yaitu lenterakecilku.blogspot.com. 

backlink alexa


Terus terang, ini pengalaman baru saya. Kalau tidak berani mencoba sendiri resiko custom domain blogspot seperti yang saya tulis, mungkin saya belum berani mengatakan bahwa tidak perlu mengulang membangun backlink jika melakukan custom domain di blog yang berjalan baik (bukan blog baru). Kalau mau menambah, itu lebih baik.

Dan ini juga sebagai jawaban atas pertanyaan saya sendiri, kenapa hasil "Google SERP" tidak berubah jauh.

Karena blog terlihat belum sempurna, salah satunya, pengindeksan Google juga masih lambat, nanti saya lanjutkan di catatan berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.